Jumat, 10 Oktober 2008

Menjadi Mobil Yang Baik

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar ketika diwawancarai oleh tim Warta Pengawasan setelah penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) dengan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yang difasilitasi oleh Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Selatan tentang Penyelenggaraan Pendidikan Program D1 dan D3 Keuangan Spesialisasi Akuntansi bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten mengatakan bahwa Kabupaten Banjar harus memperbaiki Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan adanya MoU ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM-SDM yang ada di Kabupaten Banjar.
Sekda Banjar juga menjelaskan bahwa komitmen Bupati Banjar adalah ingin menjadikan Kabupaten Banjar sebagai kabupaten yang akuntabel dengan memperkuat akuntabilitas dan e-government. Dari sisi akuntabilitas Kabupaten Banjar dengan MoU ini memulai dengan memperkuat SDM yang mampu membuat Laporan Keuangan dan Laporan Akuntabilitas. Sehingga mahasiswa program D1 dan D3 ini nanti akan langsung diperkenalkan dengan perangkat lunak SIMDA versi 2.11. Sedangkan untuk segi e-government Kabupaten Banjar menekankan kepada kecepatan dan ketepatan pelayanan bagi pengambilan keputusan pimpinan ataupun pelayanan kepada masyarakat yang tentunya hal ini tidak bisa terlepas dari Information Technology (IT).
Sekda Banjar dan seluruh perangkat daerah/SKPD termasuk SDMnya adalah ibarat kendaraan/mobil bagi sang bupati untuk menuju masa depan Kabupaten Banjar yang lebih baik. Jadi seorang bupati bisa berganti-ganti tapi kendaraan/mobil yang dipakai haruslah tetap baik dan prima kondisinya. Sedangkan untuk mempunyai SKPD yang baik harus ditunjang dengan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.
Untuk Implementasi dari MoU ini akan dibentuk 3 kelas, satu kelas di Kabupaten Banjar (D1), satu kelas di Kabupaten Tanah Bumbu (D1 dan D3), kemudian satu kelas lagi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (D3) yang pesertanya juga dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Sedangkan staf pengajar nantinya akan berasal dari Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan dan STAN. Kuliah perdana akan dilaksanakan di Kabupaten Banjar pada tanggal 18 Maret 2008, kemudian untuk selanjutnya perkuliahan di Kabupaten Banjar akan dilaksanakan setiap hari, dan untuk ketiga kabupaten lainnya dilaksanakan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

(JUMPONO)

Tidak ada komentar: